Wednesday, January 22, 2014

Soloooooooo! dan Kami ber-6!

Rabu, 22 Januari 2014


Bonsoir, Blour! J'ai pris un bain~ Semoga tidak rematik ya, since sudah pakai air hangat juga haha. Jadi hari ini aku tamasya ke Solo. Jalan-jalan bersama beberapa anak REST: Risa, Azizah, Dita, Intan, dan Dheny. Rencananya mendadak juga, hanya spontanitas, tetapi alhamdulillah berjalan cukup lancar menyenangkan hahaha

Tanggal 21 Januari kami mendapat sms dari si bos Risa kalau kumpul di Stasiun Tugu pukul 8.30 karena kereta berangkat pukul 9.21 dan dipersilahkan untuk membawa hal seperlunya. Sewaktu hari-H, well, what do you expect from me? Aku sudah bangun sih beberapa jam sebelum jam yang ditentukan, tapi ya...ya...belum siap bangun saja sepertinya :| Akhirnya pukul 7.40 aku benar-benar bangun dan sempat update di Path kalau sudah awake ini harus disebut, soalnuya tadi diungkit-ungkit di stasiun -_- Pukul 8.00 aku baru mandi dan selesai 15 menit kemudian, lanjut makan dan ngasih makan Ste, terus ngeluarin jemuran, terus berangkat hanya dengan membawa kamera dan perlengkapannya + satu botol minum pada pukul 9 kurang.....Rada terlalu nyantai sepertinya, atau lebih ke nggak sadar waktu :|

Lalu,
8.55 Risa: Parkiran. Ini mau beliii. Km dimana iz?
8.58 Aku: baru mau sampai pingit
8.59 Risa: Cpt. Berangkt jam 9.10

WHUUUT??! Maju 11 menit...mati -_- gimana coba aku sampai stasiun dengan waktu yang sesingkat itu... tapi aku keep calm, kalau aku panik malah bisa-bisa nggak selamat di jalan kan iya ini pembelaan, pembelaan yang nggak valid soalnya akunya yang molor. Jadi dengan kecepatan yang sejadi-jadinya aku melesat menuju stasiun dan GREAT! Saya terhalang palang pembatas penyeberangan rel kereta api~ tepat di pintu gerbang stasiun~ Itu sudah pukul 9.10 dengan pernak-pernik notifikasi missed calls sebanyak 7 panggilan dari bos Risa... Gembeeeeeeeel nggak selesai-selesai -_- Malah kereta yang maju itu mundur lagi, semacam test drive, tapi ya kenapa maju sampai depan gerbang........why.......

Setelah palang pembatas diangkat dan kendaraan sudah boleh lewat, aku langsung menuju parkir inap entah itu benar atau nggak. Sepertinya benar, soalnya bakalan lebih lama kalau ke parkiran biasa (harus bayar tiket dulu). 9.16 Aku selesai memarkirkan motor, langsung bergegas ke stasiun, aku lari, tapi,"Awas sepur! Awas!" btw ini nadanya datar tapi penekanannya dapet banget (?) SET! Aku berhenti di sebelah selatan rel kereta. Sebenarnya kereta merah yang akan berangkat itu masih cukup jauh dan sebenarnya aku bisa menerobos, tapi tidak, aku tidak mau membuat masalah. Akhirnya aku menunggu hingga kereta itu melewatiku. Lalu aku berlari sekencang-kencangnya! Beberapa muka familiar, Risa, Aziz, dan Intan. Tiga muka familiar terlihat sedang menunggu di pintu masuk. Aku tersenyum, lalu
"Tiketnya hangus." kata Risa.
"EH....?"

Dengan masih berusaha mengatur nafas, aku terbengong-bengong.
"Keretanya udah berangkat." kata Aziz.
"Hah? Iya? Terus gimana?" balasku.
"Yaudah naik kereta selanjutnya" sahut Risa.

Ngg....ngg...aku menurut saya, since sudah sangat lama semenjak terakhir aku naik kereta api. Untungnya mereka nggak apa-apa, ah kalian kece sekali, aku nggak perlu ganti uang tiket kalian :" Ya walaupun aku yang nantinya harus membayar tiket pulang, tidak apa, aku sudah bersyukur *nangis haru*

Tiket baru~


Kereta selanjutnya berangkat pukul 9.50. Sebelumnya aku sempat bingung karena aku tidak melihat Dita ataupun Dheny, ternyata...mereka sudah berangkat lebih dahulu #ciyeee dan berdua saja #ciyeee *nggak sadar salah siapa* Ternyata mereka berangkat dengan kereta merah marun yang melintas ketika aku sudah memarkirkan motor tadi :||| Nasiiiiiiiib -_- Kemudian Risa menyeletuk,"Jadi yang kayak di 5cm itu nggak berlaku di sini." Hahaha, untuk catatan: pintu kereta sudah tertutup secara otomatis ketika kereta akan berangkat. tergantung kereta dan kelasnya juga sepertinya. 

Sudah hampir pukul 9.50, kereta sudah stand-by dan kami masuk ke dalam gerbong lantas mencari tempat duduk sesuai tiket. Sebenarnya tempat duduknya tidak jadi satu booth, ada yang di 9D, tapi karena booth yang ditempati sebagian besar dari kami masih kosong, aku menduduki tempat itu. Ya kalau ada yang punya baru aku pindah. tapi pada akhirnya ketika kalau tidak salah sampai Maguwo, ada ibu-ibu muda yang notabene pemilik kursi saya... untungnya beliau memilih untuk bertukar tempat duduk. Saya hanya bisa berterimakasih :"

Kami menghabiskan waktu perjalanan dengan mengobrol panjang lebar :)) Keadaanku yang sebelumnya sangat excited karena akhirnya naik kereta api juga setelah bertahun-tahun tidak naik kereta pun tergeser dengan kesenangan bertemu teman-teman kembali :3


Sekitar pukul 11 kami turun di Stasiun Purwosari dan bergabung dengan Dita dan Dheny yeaaaaay! :D Ya aku mendapat cacian lagi...dan diungkit-ungkit lagi... #AkuRapopo

Lalu kami berjalan sejenak, bertanya dimana Paragon berada, dan akhirnya naik angkot dengan tarif Rp 18.000,00 untuk enam orang. Setelah sampai, sing......sepi sekali tempat ini :| Kami tidak lama berada di sana, karena memang tidak ada destinasi khusus maupun tendensi untuk shopping. Alhasil kami langsung mencari destinasi lain dan terpilihlah Kraton Surakarta Hadiningrat sebagai tujuan selanjutnya setelah sebelumnya ada usul ke Taman Balekambang yang berjarak lebih kurang 35 kilometer dari tempat kami berada *menurut peta*. Kami memutuskan berjalan menuju Kraton karena sudah cukup hedon dengan uang yang telah dikeluarkan untuk transport apalagi kehangusan tiket sebelumnya *dibahas lagi*.

Setelah berjalan sangat cukup lama dan sudah dihantui rasa lapar dan waktu yang sudah cukup melewati waktu masuk sholat dzuhur, kami mengganti tujuan untuk mencari makan terlebih dahulu dan kemudian sholat karena sholat akan berkurang kekhusyuk-annya ketika dalam kondisi lapar haha :))

Kami menyusuri sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan melewati banyak situs menarik. Ada Taman Sriwedari, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Kuno Danar Hadi, dan Patung Slamet Riyadi. Akan tetapi yang membuat kami waspada adalah kondisi lalu lintasnya, ya bisa dibilang cukup mengerikan...untungnya ada trotoar lebar di selatan jalan :)


Patung Slamet Riyadi

sepeda dan becak pun bisa lewat sini~

Mari memilih! *bukan slogan pemilu*
Hingga tibalah kami di perempatan patung Slamet Riyadi dan menuju arah selatan, menuju Alun-Alun Lor (Alun-Alun Utara). Kami heran, sebenarnya kami di sini mencari makanan, tapi kami malah menemui toko optik yang banyak......terlampau banyak sepertinya untuk radius sebesar itu. Kan nggak lucu kalau harus makan beling -_- Tapi ada destinasi baru! Taman Kuliner Galabo (Gladag Langen Bogan). Akhirnya kami bisa beristirahat sejenak dan makan siang~ Aku pesan kupat tahu telur, dan yang lain kecuali Dheny pesan bakso kuah, please, jauh-jauh ke Solo makan bakso kuah ._. but it's okay. It's a free choice. memesan kupat tahu biasa.

selamat makaaaaaaaaan~

Rencananya mau beli es otong dan leker tradisional juga...tapi sepertinya sudah tidak memungkinkan, jadi kami memutuskan untuk sholat di Mesjid Ageng Surakarta dengan membelah Alun-Alun Lor~

backgroundnya puing-puing Sekaten

Kami melanjutkan perjalanan ke Kraton Surakarta dan ternyata loket sudah tutup -_- Aku kira masuk Kraton tidak perlu tiket...Akhirnya kami hanya mengabadikan momen dan menunggu angkot untuk membawa kami entah kemana.

muka-muka habis jalan entah berapa kilometer dan berakhir naas

Rencana selanjutnya menuju Taman Sriwedari, tapi setelah mengobrol dengan Dheny sebagai pembribik mas-mas supir angkot, kami disarankan untuk pergi ke Taman Balekambang dengan membayar Rp 40.000,00 untuk enam orang. Awalnya rada gimana soalnya tarif biasa jasa angkot Rp 5.000,00 padahal angkot sebelumnya ketika kami ke Paragon adalah Rp 3.000,00 saja...tapi akhirnya kami give in dan ya sudahlah kami menerimanya.

we've arrived!!

Sampai! 14.48 kami tiba di Taman Balekambang, tempat yang begitu nyaman piknik atau mungkin hanya sekadar bersantai atau juga berfoto.

@ bangku taman *bukan nama group band*


with a deer!

selfie time :3

mukanya Dita priceless banget :))

15.15 Hujan mulai turun :( Kami terpaksa menyudahi kunjungan kami ke taman tersebut dan berjalan menuju Stasiun Solobalapan. Namun kami terhentikan oleh hujan karena tidak ada yang membawa payung -_- dan terpaksa berteduh di salah satu rumah yang cukup meragukan untuk dijadikan tempat berteduh.

Sekitar pukul 15.25, hujan mulai reda dan kami memutuskan untuk menuju stasiun. Perjalanan cukup jauh, pukul 15.54 kami baru tiba di stasiun. Selama perjalanan tadi, beberapa sempat curhat dan tertinggal cukup jauh dari yang lain, tetapi tidak masalah :)

ternyata sewaktu aku membeli tiket mereka berfoto-foto ria...

Giliranku membeli tiket! 6 tiket Prameks menuju Jogja total harga Rp 60.000,00 Aku bertanya tempat duduk kita nomor berapa pada teman-teman, dan oh ternyata tidak ada nomor kursi, kami harus dhisik-dhisikan atau siapa cepat dia dapat tempat duduk.

tiket sudah di tangaaaan! :D

Keberangkatan kereta mundur sekitar 10 menit, coba saja ketika tadi berangkat dari Jogja juga seperti ini...diungkit lagi...aku kena lagi -_- Selama perjalanan 5 orang temanku ngobrol asyik dan aku tidur asyik saja (?) :3 Semoga aku tidak tidur dengan posisi yang aneh...haha

17.40! Kami tiba di Stasiun Tugu dan langsung mencari mushola untuk sholat ashar ._. Risa pulang duluan karena sudah dijemput dan kebetulan sedang tidak sholat, jadi tidak apa.

Setelah selesai sholat dan menyelesaikan masalah finansial, kunci motornya Dheny tidak ada! :| Bingung dan merasa panik, kami langsung menuju tempat parkir, berharap motor Dheny masih ada di sana... Alhamdulillah, kunci disimpankan oleh penjaga parkir :' Lalu kami pun pulang. Oh iya, fyi aja, aku nggak bayar biaya inap motor :3 mungkin sudah rezeki :))

18.45 Alhamdulillah aku sudah sampai rumah. Lanjut meng-upload foto dan menikmati sisa hari ini :) Pengalaman pertama pergi ke Solo, pengalaman pertama ketinggalan kereta, pengalaman naik kereta dengan sistem yang sudah berbeda, dan pengalaman-pengalaman lainnya juga ditambah adanya kawan-kawan...kurasa it covers the less good things that happened today.

Semoga pengalaman hari ini bisa menjadi pelajaran. Acara pergi selanjutnya harus lebih siap yaps! Thanks for today guys!! Enjoy the happines~ xo

welcome hometown <3

No comments:

Post a Comment