Wednesday, July 31, 2013

Bonds

Rabu, 31 Juli 2013


Pagi yang dingin~ Hari ini sekolahku berulang tahun, lebih tepatnya mantan sekolahku. Semoga tambah baik ya :*

Anyway, kemarin malam sewaktu aku pulang dari buber REST aku mendengarkan lagu selama perjalanan pulang. Playlist membawaku ke lagu dari 1Veritasium tentang ikatan kimia. Bahwa ada tiga macam ikatan kimia, tapi aku bawakan dua saja ya. Ikatan pertama adalah ikatan ion, ikatan antara unsur logam dan non-logam. Di sini terjadi pertukaran elektron, salah satu memberi dan salah satu menerima. Ikatannya kuat dan I'd like to say that the bond is complicated, tapi ikatannya sempurna. Ikatan antara dua hal yang berbeda.

Ikatan kedua adalah ikatan kovalen. Ikatan antara unsur non-logam dengan non-logam. Elektron di sini akan digunakan bersama-sama, saling berbagi. Ikatannya tidak sekuat ikatan ion. Ikatan ini cenderung terjadi karena ada kesamaan antara kedua unsur, biasanya kesamaan elektronegativitas atau yang tidak jauh berbeda. I'll simply put that these atoms are attracted to each other. Hal yang menarik adalah, kovalensi tidak akan ada jika satu molekul unsur hanya berdiri sendiri. Ia butuh yang lain, yang serupa atau mendekati.

Keduanya ikatan spesial. Ikatan yang saling menyempurnakan. Ikatan yang saling menstabilkan. Hanya saja terkadang senyawa yang terbentuk dari ikatan itu tidaklah selalu sesuai dengan yang diharapkan. Banyak faktornya, salah satunya kuantitas, yang lainnya...aku sudah cukup lama tidak membaca buku pelajaran, jadi ya, I'm sorry for the lacking of information. Hehe.

Oh! Ada satu lagi jenis ikatan yang aku ingat, tetapi tidak disinggung dalam lagu tadi. Ikatan hidrogen. Ikatan yang lemah, tetapi bukan yang paling lemah. Ikatan terjadi antara unsur hidrogen (H) dengan unsur flourin (F), oksigen (O), dan nitrogen (N). Meskipun ikatan ini lemah, tetapi memiliki peran penting dalam kehidupan. Sebagai contoh yang aku ketahui, ikatan hidrogen ditemukan di dalam diri kita, di dalam DNA kita. Semacam hal yang membuat kita....nyata dan ada.

Well, semoga tidak ada hal yang dalam penulisanku salah. Oh ya, aku merasa bahwa perlu permintaan maaf dariku dan Blournal kepada kalian yang mencari informasi tentang bab menyangkut di atas dan ended up here with these whole...thing. I'm sorry :) 'kay then, ttyl. xx

No comments:

Post a Comment